KONTEN BERITA – “Pak Jojo atau Budijojo yang beken dengan taglinenya S.S Budi Raharjo memang coach kami, dalam menulis features dan kreatif,” ujar Asri Hadi, Pemred Indonews.id memberi kesaksian.

Dosen senior STPDN ini menyebut Budi Jojo sebagai sahabatnya berdiskusi banyak hal, termasuk hal-hal yang kekinian dan terkait news saat ini.

Masih kesaksian Asri Hadi, diskusi dan sharing ilmu, kerap diberikan Jojo juga diberikan dalam komunitas dan grup diskusi di Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI).

Kemarin S.S Budi Rahardjo memang menjadi narasumber selama dua hari untuk lingkungan, Direktorat Jenderal Cipta Karya Lingkungan Kementerian PUPR.

Sebelumnya ia jadi mentor “Menulis Kreatif” yang diselenggarakan Kedubes Belanda, serta ia juga menjadi coach untuk Bagaimana Menulis Features dari Telkom.

Termasuk menjadi Pemred majalah Sinar Badan Narkotika Nasional, saat menjadi juara sebagai inhouse media terbaik antardepartemen.

“Pak Jojo selalu menjadi garda terdepan dalam mengingatkan kami.”

“Tak hanya soal bimbingan teknis menulis, tapi bagaimana para pemilik media dan pimpinan media digital, menjadi sosok yang berintegritas, media-nya bisa eksis menjadi media yang kredibel,” ujar Asri Hadi.

Sosok yang baru saja berulang tahun bersaksi dan menyebut Budi Jojo, sebagai pakar dalam penulisan investigasi, karena pernah mendapat beasiswa dari Ford Foundation.

Dikutip Kontenberita.com dari Indonews.id, Asri memuji  gaya bahasa penulisannya pun menarik, enak dibaca dan perlu, dengan jurnalisme sastra-nya.

“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kita. Karena setiap hari kita selalu berada dalam keadaan situasi dan kondisi yang berbeda.”

“Mungkin hal ini bisa manjadi ide untuk kita memulai membuat tulisan,” demikian mengutip coach Jojo.

Tak harus berpikir menjadi seorang sastrawan, tapi Jojo mengajak 298 jabfung (pejabat fungsional PU) yang ikut zoom untuk mulai saja menulis, dengamn tips yang diajarkan.

Berhasil, ada 38 orang yang mengirim tulisanya dengan baik, selesai coach langkah awal menulis.

Hingga kemudian, tulisan itu dimuat
di Hariankami.com serta dipilih lima orang yang menulis terbaik dimuat di Eksekutif.com.

Acara yang berlangsung Senin (30 Mei 2022) sampai Selasa (31 Mei 2022) yang dimulai sejak jam 09 pagi. Berlangsung di GWP Turangga Bandung.

Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas menulis, para Jafung.

Sehingga dapat dipublikasikan dalam berbagai media, baik itu bersifat cetak. Maupun digital seperti majalah, koran serta website juga buku.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari, secara interaktif membawa banyak manfaat serta output.

Tak hanya etika, tapi JF memahami artikel yang layak dipublikasikan, dengan sudut pandang fenomena yang ada.

Para pemangku JF mampu mengetahui batasan-batasan tulisan yang efektif, dalam menuangkan ide kreatifitas maupun pengembangan profesi dalam karirnya.

Tulisan yang berupa karya juga kemudian dimuat di buletin, serta media massa.

Bintek ini kemudian berlanjut dalam konteks menulis kreatif, menulis features hingga kemudian tercipta komunitas yang suka baca, menggali pengalaman dalam sebuah forum diskusi.

“Selain angka kredit untuk persyaratan kenaikan pangkat atau jenjang yang lebih tinggi, artikel ini diharapkan mampu memberikan masukan bagi organisasi dalam menjawab tantangan pembangunan infrastruktur,”
ujar Ir Dian Irawati, MT Direktur Bina Teknik Pemukiman dan Perumahan.

Dian Irawati mengaku, berharap banyak dari kegiatan ini berlanjut serta berkesinambungan, agar peserta acara mendapat manfaat dengan baik dan tepat.

Harapan ini, tentunya terkait tantangan pembangunan infrastruktur khususnya di bidang pemukiman dan perumahan sekaligus merupakan salah satu bentuk aktualisasi diri.

“Kiranya paparan dan sharing ini dapat menghasilkan tambahan ilmu, bagi kita semua. Khususnya, seorang pejabat fungsional sesuai dengan kepakarannya,” masih paparan ibu Dian Irawati, lewat zoom Bimbingan Teknis Penulisan Artikel.

Kegiatan bimbingan teknis penulisan artikel bagi pejabat fungsional Teknik Tata Bangunan dan Perumahan (TBP) serta Teknik Penyehatan Lingkungan dengan penyelenggarakan Direktorat Bina Teknik Pemukiman dan Perumahan Direktorat Jenderal Cipta Karya Lingkungan Kementerian PUPR.

Tampak hadir di ruang Grha Wiksa Praniti lantai 3, Turangga Bandung memberi laporan kegiatan adalah Ir Iryanto M Eng.

Kasubdit Pengeloaan Jafung Bidang PP Kasubdit Data dan Pengembangan Sistem Informasi Pemukiman memberi tantangan ke peserta bintek untuk dapat menulis artikel, untuk dimuat langsung praktek.

“Agar mampu menghasilkan artikel yang dapat dipublikasikan di media informasi publik, tulisan ilmiah populer karena tema yang dibahas adalah masalah aktual.

Disajikan dalam bahasa yang muda dicerna oleh pembaca,” ujar Iryanto Susatiyo.

Itu yang diajarkan S.S Budi Raharjo MM, coach menulis gampang sekarang.

Pria yang memulai karirnya di grup majalah Tempo, kemudian di majalah MATRA mengajarkan tiga tips untuk menjadi penulis.

Pertama menulis, kedua menulis dan ketiga ya menulis. Jadi, menulislah, karena menulis adalah bekerja untuk keabadian.***